KEBUTUHAN NUTRISI DAN CAIRAN PADA ANAK
KEBUTUHAN NUTRISI DAN CAIRAN PADA ANAK
A.
Konsep
Umum
1.
Nutrisi
mengacu pada asupan makanan dan asimilasinya untuk digunakan oleh tubuh.
2.
Nutrient
adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tubuh dan berkembang.
3.
Setiap
anak mempunyai kebutuhan nutrien yang berbeda dan karakteristik yang khas.
4. Recommended Dietary Allowance (RDA):
Intake (asupan) harian yang
dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi pada sebagian besar orang menurut usia dan
jenis kelamin.
B. Dampak Nutrisi Pada Tumbuh Kembang Anak
1.
Dampak
Psiklogis
a.
Dampak
psikodinamik: diperoleh pada masa bayi dan kepuasan
b.
Dampak Psikososial: Makanan memenuhi kebutuhan rasa lapar, timbul rasa
percaya pada lingkungan
c.
Maturasi
Organik: pengalaman mendapatkan beberapa
sensoris
2.
Dampak
fisiologis
a.
Asupan
nutrisi yang tepat untuk bayi, toddler, prasekolah, dan remaja sangat berdampak
pada pertubuhan fisik
C. Fungsi Pemberian makan
1.
Fungsi
Fisiologis
Memberika nutrisi sesuai kebutuhan agar tercapai tumbuh kembang optimal
2.
Fungsi
Psikologis
Penting dalam pengebangan hubungan emoional ibu dan bayi sejak awal
3.
Fungsi
Sosial / Edukasi
Melatih anak mengenal makanan, mengembangkan keterampilan makan
D. Gizi Lengkap dan Seimbang
Keadaan yg menjamin tubuh memperoleh makanan yang cukup, mengandung
semua zat gizi dalam jumlah yang dibutuhkan
1.
Harus
mengandung :
a.
Sumber
tenaga yang berfungsi untuk beraktivitas
b.
Sumber
zat pembangun untuk pembentukan, pertumuhan, dan pemeliharaan sel tubuh
c.
Sumber
zat pengatur untuk mengatur proses metabolism
d.
Bayi
0-12 bulan memerlukan jenis makanan
ASI dilanjutkn dengan makanan lunak danmakanan padat.
e.
Kebutuhan
kalori bayi antara 100-200 kkal/kgBB.
f.
Pada
6 bulan pertama lebih baik bayi mendapat ASI tanpa diberikan susu formula.
g.
Pada
Usia 6 bulan mulai diperkenalkan dengan
nasi tim saring dgn bahan makanan yang lebih bervariasi dgn jenis protein
hewani, protein nabati, kandungan serat
yang kaya akan vitamin dan mineralserat mineral. Diberikan 1x/hr.
h.
Pada
usia 8 atau 9 bulan nasi tim tdk lagi disaring tapi dibuat dgn tekstur agak kasar. Diberikan 3x/hr.
E.
Karakteristik
terkait dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi
1.
Pada
anak usia toddler
a.
Anak
sukar atau kurang makan
b.
Nafsu
makan anak seringkali berubah; hari ini makan banyak tetapi besok makahari
makan sedikit
c.
Biasanya
anak menyukai jenis makanan tertentu
d.
Anak
cepat bosan dan tidak tahan makan sambil
duduk dalam waktu lama
2.
Pada
anak usia prasekolah
a.
Nafsu
makan berkurang
b.
Anak
lebih tertarik pada aktivitas bermain dengan teman atau lingkungannya daripada
makan
c.
Anak
mulai senang mencoba jenis makanan baru
d.
Waktu
makan merupakan kesempatan yang baik bagi anak untuk belajar dan bersosialisasi
dengan keluarga
3.
Anak
usia sekolah
a.
Anak
dapat mengatur pola makannya sendiri
b.
Adanya
pengaruh teman atau jajanan di lingkungan
sekolah serta adanya iklan di
televisi dapat mempengaruhi pola makan
untuk mencoba makanan yg belum dikenalnya
c.
Kesukaan
menyukai satu makanan tertentu berangsur-angsur hilang
d.
Pengaruh
aktivitas bermain dapat menyebabkan keinginan bermain lebih besar dari makan.
4.
Pada
anak usia remaja
a.
Besarnya
pengaruh kelompok akan mempengaruhi pola kebiasaan makan
b.
Anak
sering kali tidak sempat makan karena banyak aktivitas di luar rumah: di klub
olahraga, pramuka
c.
Karena perubahan aktivitas yg lebih banyak memakan waktu di
luar rumah, biasanya anak lebih
menyukai makanan ringan
d.
Anak
mulai memperhatikan bentuk badannya; takut kegemukan.
F.
Kecukupan
gizi sehari, untuk anak usia 1-3 tahun (dalam bahan makanan)
Jenis
|
Berat (Gr)
|
URT
|
Beras
|
100
|
1 ½ Gelas
|
Daging
|
50
|
1 ptg sedang
|
Telur
|
50
|
1 butir
|
Tempe
|
50
|
2 ptg sedang
|
Kacang hijau
|
10
|
1 sdm
|
Buah
|
200
|
2 buah pisang
|
Sayur
|
300
|
2 gelas
|
Gula
|
25
|
2 ½ sdm
|
G.
Kecukupan
gizi sehari, untuk anak usia 4-6 tahun
(dalam bahan makanan)
(dalam bahan makanan)
Jenis
|
Berat
|
URT
|
Beras
|
150
|
2 ½ gelas
|
Daging
|
100
|
2 ptg sedang
|
Telur
|
50
|
1 butir
|
Tempe
|
50
|
2 ptg sedang
|
Kacang hijau
|
10
|
1 sdm
|
Buah
|
200
|
2 bh pisang
|
Sayur
|
100
|
2 gelas
|
Gula
|
25
|
2
½
sdm
|
H. Rentang kebutuhan air harian pada BB yang berbeda
dalam kondisi normal
1.
Metode
Holliday – Segar
Untuk setiap 100 kkal yang dimetabolisme, dibutuhkan 100 ml air (H2O)
BB (Kg)
|
Penggunaan kalori/hari
|
< 10 Kg
|
100 Kkal/Kg
|
11 – 20
|
1.000 kkal + 50 kkal/kg untuk setiap kg diatas 10
kg.
|
> 20
|
1.500 kkal + 20 kkal/kg untuk setiap kg diatas 20 kg
|
I.
Recommendary
Dietary Allowance (RDA)
untuk Bayi dan Anak
Umur (Th)
|
BB (Kg)
|
TB (Cm)
|
Kalori (Kkal /Kg)
|
Protein (g/Kg)
|
Cairan (ml/Kg)
|
|
Bayi
|
0.0 – 0.5
0.5 – 1
|
6
9
|
60
71
|
108
98
|
2.2
1.5
|
140 – 160
125 – 145
|
Anak
|
1 – 3
4 – 6
7 – 10
|
13
20
28
|
90
112
132
|
102
90
70
|
1.23
1.2
1.0
|
115 – 125
90 – 110
70 – 85
|
Pria
|
11 – 14
15 – 18
|
45
60
|
157
176
|
55
45
|
1.0
0.8
|
70 – 85
50 - 60
|
Wanita
|
11 – 14
15 – 18
|
46
55
|
157
163
|
47
40
|
1.0
0.8
|
70 – 85
50 - 60
|
Comments